TUGAS 8 APSI

    TUGAS 8 APSI

Data Modelling Streaming Service Netflix

  • Pengertian Conceptual Data Model
    Conceptual Data Model merupakan tahap pengumpulan informasi mengenai requirement yang dibutuhkan dalam membuat suatu database. Pada tahap ini, desain yang dibuat masih berbentuk konsep secara general tanpa melihat logika-logika yang ada. Hasil dari tahapan ini adalah sebuah Entity Relationship Diagram (ERD) yang menggambarkan relasi antar entity serta atribut yang ada di dalam entity [0]. Berikut adalah Conceptual Data Model dari streaming service Netflix:

  • Pengertian Logical Data Model
    Logical Data Model merupakan tahap lanjutan setelah pembuatan Conceptual Data Model yang digunakan untuk mendefinisikan struktur elemen data dan menetapkan hubungan antara mereka. Logical Data Model menambahkan informasi tambahan dari Conceptual Data Model. Keuntungan menggunakan model data logis adalah memberikan dasar untuk proses selanjutnya [1]. Berikut adalah Logical Data Model dari streaming service Netflix:

  • Pengertian Physical Data Model
    Physical Data Model merupakan tahap terakhir dari pemodelan data, dimana pada tahap ini dilakukan implementasi serta penggambaran yang spesifik terhadap model data pada databasePhysical Data Model memberikan abstraksi database dan membantu menghasilkan skema. Hal ini dapat terjadi karena banyaknya meta-data yang ditawarkan oleh Physical Data Model. Selain itu, Physical Data Model juga membantu dalam visualisasi struktur  dengan impelementasi primary key, constraint, trigger, index, dan sebagainya [1]. Berikut adalah Physical Data Model dari streaming service Netflix:

Comments

Popular Posts